Thursday, October 5, 2017

Panduan Cara Ternak dan Budidaya Ikan Arwana untuk pemula



Ciri khas yang dimiliki ikan Arwana memang memikat para penghobi ikan hias, memberikan ketertarikan untuk memiliki ikan yang sangat memberikan keunikan tersendiri. Dengan harganya yang cukup berbeda dengan harga ikan pasaran dan dibandingkan  jenis ikan hias yang lain, akan tetapi bisnis ikan hias Arwana masih sangat ramai di kalangan pecinta ikan hias.

Banyak  jenis ikan Arwana mempunyai harga ratusan, bahkan ada yang mencapai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah. Karena keunikanya yang ada pada ikan arwana, ikan ini juga memiliki karakteristik yang lain dari jenis ikan hias lainnya. Olehkarena itu budidaya ikan Arwana juga mempunyai perbedann dalam cara membudidayakannya dengan jenis ikan lain.

Salah satu perbedaan dalam membudidayakan ikan Arwana dibanding jenis ikan hias lain yaitu modal yang diperlukan cukup besar. Berawal dari bibit ikan yang akan di bessarkan, kolam dan perawatanya, sangatlah membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Akan tetapi semua itu tetap membuat para pembudidaya ikan hias ini tidak akan menyerah, karena usaha dalam pembudidayaan  ikan hias Arwana ini tetap memberikan hasil yang memuaskan.
Pada saat ini saya akan memberikan tips cara untuk membudidayakan ikan Arwana, dan anda dapat menyimak langkah langkah lalu mencoba untuk membudidayakannya. Berikut langkah yang harus anda lakukan :

Sediakan Kolam yang akan dijadikan tempat ikan

Tempat budidaya untuk ternak dapat kita pilih berupa akuarium maupun kolam. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan dan biaya yang tidak terlalu membebani anda. Akan tetapi ada beberapa syarat media untuk budidaya ikan Arwana yang bagus untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan Arwana.

Syarat kolam yang paling sangat dibutuhkan oleh ikan arwana adalah yang memliliki berbatuan. Air yang dibutuhkan pun harus lebih jernih di bandingkan ikan yang lain, dan usahakan mempunyai saluran air yang baik untuk menjaga kejernihan nya.

Untuk kadar phnya pun harus di jaga jangan sampai lebih dari 6-7, suhunya pun jangan sampai terlalu panas dan terlalu dingin bisa anda strabilkan dengan penutup kolam dan untuk suhu yang bagus diantara 26-30 derajat celcius.

 Pilihlah Induk Terbaik

Indukan merupakan salah satu faktor pendukung untuk hal budidaya, karena induk yang bagus akan menghasilkan anakan ikan yang bagus pula, Induk ikan Arwana bisa dikembang biakan pada saat ikan sudah berumur kurang lebih sekitar 4 tahun.

Da beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin ikan Arwana dan dapat dilakukan dengan melihat bentuk tubuh, mulut, insang dan kepala ikan Arwana. Untuk ukuran tubuh dan kepala yang lebih kecil bisa anda pastikan bahwa ikan arwana itu adalah ikan betina.

Setelah menetahui perbedaan antara betina dan jantan silahkan anda pisahkan indukan ini dengan ikan Arwana lain.

Proses Perkawinan

Proses perkawinan tidaklah sulit, Ikan Arwana merupakan ikan yang cukup mudah di budidayakan. Ikan ini akan cepat menemukan pasanganya ketika dimasukan ke akuarium atau kolam berisi lawan jenis yang berbeda. Ketika menemukan pasangannya biasanya ditandai dengan ikan yang sering berenang secara bersamaan.

ketika Ikan Arwana yang sedang berpasangan, kita akan melihat sepasang ikan sering berenang memutar dengan pososi kepala dan ekor mereeka saling menempel satu sama lain. Ketika kita melihat hal ini bisa menjadi tanda untuk segera pisahan pasangan tersebut dari ikan Arwana lain.
Cara Ikan Arwana berkembang biak berbeda dengan ikan lain, yaitu dengan cara ikan betina mengeluarkan telur dan ikan jantan akan membuahinya dengan cara memasukannya ke dalam mulutnya seperti dia memakan telur tersebut.

Setelah sekitar 2 bulan telur tersebut akan berubah menjadi larva, selanjutnya ikan Arwana akan mengeluarkan larva tersebut.

Perawatan bibit ikan

Berilah cacing pita ketik bibit ikan masih ber ukuran sekitar 1 cm, karena cacing pita sangat lah bagus untuk proses pertumbuhan ikan arwana yang masih kecil, jangan asal memberikan makanan karena makanan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Pisahkan ikan arwana yang masih kecil dengan indukannya, karena ada kemungkinan induknya akan memakan anaknya sendiri.

Ketika ikan sudah berukuran sekitar 13 cm pindahkan ikan arwana ke tempat pembesaran, ini dilakukan agar pertumbuhannya lebih cepat,

Ikan siap di jual

Ketika ikan sudah mencapai ukuran 30-40 cm ikan bisa anda sudah dapat menikmati hasilnya, karena anda dapat memanenya dan menjualnya ke para penghobi ikan hias terutama para penghobi ikan arwana.

Kelihatannya memang mudah tapi, untuk budidaya ikan arwana anda harus sabar dan teliti dalam melakukannya, saran saya cobalah beberapa pasang ikan arwana dulu dan setelah berhasil anda mulai bisa menambah beberapa pasang lagi.

Semoga artikel budidaya ikan ini dapat membantu anda dan bisa di praktekan, semoga anda bisa ilmu yang berguna.



No comments:

Post a Comment