Friday, September 13, 2013

Cara Menentukan / Menghitung Massa Atom Relatif : KIMIA

Cara Menghitung Massa Atom Relatif Unsur, Rumus Kimia.

Massa Atom relatif adalah perbandingan relatif massa atom unsurtertentu terhadap massa atom unsur lainnya. Satuan Massa Atomdisingkat sma.


Atom memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak mungkin untuk menimbang massanya secara langsung. Sampai saat ini, belum ada timbangan yang dapat mengukurnya. Pada awalnya, massa atom relatif dibandingkan terhadap atom hidrogen. Akan tetapi, pada 1961 IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) telah menentukan standar baru dalam penentuan massa atom relatif, yaitu atom karbon-12. Satuan massa atom suatu unsur ditentukan dengan cara membandingkannya dengan 1/12 massa atom karbon dengan nomor massa = 12 (126C).

This is the rendered form of the equation. You can not edit this directly. Right click will give you the option to save the image, and in most browsers you can drag the image onto your desktop or another program.

Satuan untuk massa relatif unsur adalah sma (satuan massa atom)


1 sma = 1/12 × massa atom 126C


Massa satu atom 126C = 1,993 × 10–23 g. Jadi, 1 sma = 1/12 × 1,993 × 10–23 = 1,66 × 10–24 g.


Massa atom suatu unsur yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom 126C merupakan massa atom rata-rata dari isotop-isotop yang dimiliki unsur tersebut. Mengapa demikian? Anda telah mengetahui yang dimaksud dengan isotop. Informasi mengenai adanya isotop inilah yang dijadikan acuan oleh para ilmuwan untuk menentukan massa atom relatif. Oleh karena suatu unsur dapat tersusun atas beberapa atom yang memiliki nomor massa yang sama, maka massa unsur ditentukan dengan cara mengambil rata-rata dari massa atom setiap isotop.


Massa atom rata-rata = (% kelimpahan isotop A × massa isotop A + % kelimpahan isotop B × massa isotop B) dibagi massa isotop A + massa isotop B


This is the rendered form of the equation. You can not edit this directly. Right click will give you the option to save the image, and in most browsers you can drag the image onto your desktop or another program.


Anda sekarang sudah mengetahui Cara Menentukan Massa Atom Relatif Unsur. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :


Rahayu, I. 2009. Praktis Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.



Sumber : http://perpustakaancyber.blogspot.com/2013/03/cara-menentukan-menghitung-massa-atom-relatif-unsur-ar-rumus-kimia.html#ixzz2elZiPbiu

No comments:

Post a Comment