1. Noken As (Camshaft)
2. Pelatuk Klep(Rocker Arm)
3. Klep (Valve)
Klep terdiri dari dua macam
- Klep buang, yang berfungsi mengatur jalannya pembuangan gas sisa pembakaran ke knalpot dan diteruskan ke udara bebas.
Agar kinerja motor optimal, celah antara klep dan pelatuk klep harus disetel setiap 2000 km dengan ukuran yang sudah ditentukan oleh pabrik motor.
4. Sil Klep
Sil klep dipasang di bos klep dimaksudkan agar oli yang terdapat di kepala silinder tidak bocor ke ruang bakar melalui celah antara batang klep dan bos klep. Kerusakan yang sering terjadi adalah sil pecah atau keras, ditandai dengan adanya asap putih tipis di knalpot ketika mesin dihidupkan.
5. Bos Klep
Bos klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Bila bos klep telah aus/longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
6. Per Klep
Setelah klep terbuka akibat tekanan dari pelatuk klep, per klep akan mengembalikannya ke posisi semula sehingga menutup.
7. Topi dan Kuku Pengunci Klep
Berfungsi untuk menahan per klep agar tidak lepas dan dapat bekerja dengan baik.
Selain komponen diatas, pada beberapa motor honda terdapat ADS (Automatic Decompression System). Alat ini berfungsi untuk meringankan engkol starter dengan cara membocorkan sedikit kompresi pada klep buang.
No comments:
Post a Comment